Posted by : ilham alvin Jumat, 23 Januari 2015

RC Quick Drive 
RC quick drive atau yg biasa dikenal dengan rc QD merupakan Rc yg mempunyai sistem yang terintegrasi menjadi satu, baik kontrol steering, kontrol pengerak maupun frekwensi remote semua terintegrasi menjadi satu modul. Biasanya rc jenis ini mengunakan 2 motor dalam 1 unit, motor yg pertama digunakan untuk sumber tenaga pengeraknya, sedangkan motor kedua digunakan untuk mengerakan sistem kemudi nya. Kontrol pada rc jenis ini sangat terbatas, hal ini disebabkan oleh karena pada rc jenis ini mengunakan metode On off switch. Misal nya , ketika kita menekan tombol untuk maju, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke depan dengan kemampuan maksimal,begitu juga pada steering nya, ketika kita menekan tombol untuk berputar ke kiri, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke kiri hingga ke titik maksimal tanpa dapat dikontrol sudut2 sesuai dengan keinginan kita  

RC EP (Elektronik Proportional)
Berbeda dengan RC QD, Rc jenis ini memberikan kebebasan bagi pemiliknya untuk menentukan performa dari rc nya. Hampir semua bagian dari rc ini dapat di personalisasi kan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Secara garis besar rc jenis ini dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
1. Kit Kit merupakan bagian utama dari hobby ini. Kit terdiri dari beberapa bagian yg menjadi satu kesatuan. Chasis dan kaki kaki merupakan bagian utama dari sebuah kit. Hampir semua bagian dari sebuah kit dapat di modifikasi sesuai dengan karakter pengemudi nya.
2. Elektronik Elektronik merupakan bagian dari sebuah rc yg berhubungan dengan kelistrikan.Esc, motor,servo,baterai,transmiter [TX] serta receiver [RX] merupakan bagian dari elektronik yg menjadi syarat mutlak untuk sebuah rc agar dapat berjalan. Note untuk RC GP Esc diganti dengan Engine.
2.1 esc & motor esc [Electronic speed control] berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari baterai ke motor elektrik sehingga motor tersebut dapat berputar sesuai dengan kecepatan yang kita inginkan. esc terbagi menjadi 2 jenis penggerak motor yaitu brush dan brushless, bedanya kalo brushed itu motor yang berputar adalah kumparannya dan magnetnya statis, sedangkan brushless adalah motor yang berputar adalah magnetnya dan kumparannya statis cara membedakan esc brushed dan brushless: kalo brushed kabel untuk motor/dynamo hanya 2 dan maksimal hanya pake heatsink non fan, sedangkan brushless kabel untuk motor/dynamo ada 3 dan rata2 menggunakan heatsink+fan brushed:
2.2 Servo servo dalam dunia RC biasanya digunakan sebagai pengerak steering ataupun sebagai pengatur throttle pada RC engine
2.3 Transmiter Transmiter/Remot biasanya merupakan unit yg digunakan oleh driver untuk mengontrol RC 2.4 receiver receiver merupakan penerima signal dari sebuah transmitter' yg diteruskan menjadi perintah kepada piranti elektronik lain nya agar dapat bekerja.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Rekber via Bukalapak

Popular Post

Penjual RC Recommended

Penjual RC Recommended
www.rclampung.com

Kontak Admin

www.rclampung.com

Iman
SMS/Call/WA : 0898 7064 535
Call Only : 0813 7772 3713
BB : 5F2D544E

Agi
SMS/Call/WA : 0899 8630 457
BB : 5E63525C
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Jual Beli Radio Control dan Spareparts -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -